Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

RAJAPOLAH,  AYOBANDUNG.COM — Rumah dinas Kapolsek Rajapolah dan kantor Bhayangkari ranting Polsek Rajapolah dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19, Kamis, 8 Juli 2021. 

Inisiatif tersebut dilakukan seiring dengan terus melonjaknya kasus terkonfimasi positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolsek Rajapolah AKP Dede Darmawan mengatakan, ada 3 ruangan yang dijadikan tempat atau ruang isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang bergejala. Untuk satu ruangan bisa diisi dengan 3 tempat tidur sehingga rumah dinas kapolsek dan kantor bhayangkari bisa menampung 9 pasien Covid-19 bergejala.

"Ini demi kemanusiaan. Kami ada ruangan yang memang bisa dijadikan tempat isolasi pasien bergejala," ujar Dede kepada Ayotasik.com (Jaringan Ayobandung.com), Kamis, 8 Juli 2021 malam.

Menurutnya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Rajapolah mengalami kenaikan. Hingga saat ini tercatat di satuan tugas (satgas) Covid-19 kecamatan jumlah pasien aktifnya mencapai 161 orang. 
Di samping itu, banyak pasien yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing mulai menunjukan gejala sehingga harus dirawat.

"Saat ini tempat isolasi di Puskesmas Rajapolah sudah penuh dan informasinya di rumah sakit SMC juga penuh, sehingga kami gunakan rumah dinas dan kantor bhayangkari untuk ruang isolasi," ucapnya.

Ia menuturkan, sebelumnya pasien Covid-19 bergejala diisolasi di rumah dinas camat. Namun, lantaran ada kekhawatiran warga di sekitar rumah dinas camat sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya atas izin pimpinan memperbolehkan rumah dinas kapolsek dan kantor bhayangkari dijadikan ruang isolasi.

"Kami satgas Covid-19 kecamatan sudah berusaha mencari bangunan atau gedung untuk sementara dijadikan ruang isolasi tapi tidak ada yang mengizinkan. Akhirnya setelah meminta arahan kapolres, pasien-pasien bergejala diisolasi di sekitar lingkungan Mapolsek Rajapolah," kata dia.

Dede menjelaskan, saat ini ada 2 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala yang dirawat di rumah dinas dirinya. Ada 2 tenaga kesehatan yang memantau kondisi dari pada pasien. Sementara untuk piket jaga melibatkan unsur dari satgas kecamatan dan relawan dari BPBD.

"Tadi siang sudah mulai digunakan untuk merawat pasien Covid-19 yang bergejala," ungkapnya.

Dede menambahkan, untuk pelayanan kepolisian bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dipastikan aman karena lokasi tempat isolasi dengan mapolsek cukup jauh. 

"Insyaallah pelayanan tidak terganggu. Jaraknya masih aman dari tempat isolasi," pungkasnya.

Sementara itu, berdasar data dari satgas Covid-19 Kecamatan Rajapolah, hingga Kamis, 8 Juli 2021, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 jumlahnya sebanyak 544 kasus, dengan kasus sembuh sebanyak 351 orang, kasus aktif 161 orang, dan kasus meninggal sebanyak 32 orang. [*]



source https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250581/rumah-dinas-kapolsek-rajapolah-jadi-ruang-isolasi-pasien-covid-19

Tags :

bm

Google Adwords

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Google Adwords
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • Dokterseo99@gmail.com
  • +6281221976216