Mobil Tenaga Surya Buatan Belanda Ini Bisa Tempuh 710 Km Hanya Sekali Charge



Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Surya Foto: Resya Firmansyah/Kumparan
Mobil bertenaga surya buatan Belanda, Lightyear One, berhasil memecahkan rekor baru sebagai mobil elektrik yang mampu menempuh jarak terjauh hanya dengan menggunakan satu baterai atau sekali charger.

Rekor itu dipecahkan dalam sebuah test-drive di Jerman. Mobil itu mampu melaju dengan kecepatan 85 kilometer per jam. Lightyear One mampu melaju selama sembilan jam tanpa henti dan menempuh jarak 710 kilometer. Artinya, mobil ini menjadi mobil bertenaga surya pertama yang dapat menempuh jarak jauh.

Lightyear One dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Teknologi Eindhoven, Belanda. Awalnya, mobil ini diciptakan untuk berkompetisi dalam World Solar Challenge di Australia, yaitu perlombaan balap mobil internasional yang hanya boleh diikuti mobil-mobil bertenaga surya.

Kompetisi tersebut dilaksanakan untuk mendorong pengembangan kendaraan-kendaraan bertenaga surya. Meski hanya memiliki satu baterai, Lightyear One dilengkapi dengan lima panel surya yang terletak di bagian atap, kap mobil dan bagian belakang. Idealnya, mobil ini dapat terus dikendarai selama berbulan-bulan tanpa harus mengisi ulang baterai.

Setelah menjadi pemenang dalam perlombaan dan melakukan berbagai uji coba, Lightyear One siap diproduksi secara massal mulai tahun ini. Sehingga siapa pun yang ingin memiliki mobil yang ramah lingkungan, dapat memesan Lightyear One.

Mobil ini akan dijual pada 2022 seharga 150 ribu Euro (Rp 2,5 miliar) belum termasuk pajak.

Kelebihan utama dari Lightyear one adalah konsumsi energinya yang sangat rendah. Pihak perusahaan mengatakan bahwa bahkan mobil elektrik yang paling efisien yang sudah beredar saat ini masih menggunakan energi 50 persen lebih banyak dari Lightyear One.

Ilustrasi mengemudi malam hari. Foto: Pixabay

laporan kontributor kumparan di Jerman Daniel Chrisendo



Source link

The post Mobil Tenaga Surya Buatan Belanda Ini Bisa Tempuh 710 Km Hanya Sekali Charge appeared first on ADIBA.ID.


banner