Erick Thohir Tegas, Vaksinasi Gotong Royong Tidak Gunakan Uang APBN



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, seluruh pendanaan vaksinasi gotong royong tidak pernah menggunakan uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baik itu vaksinasi gotong royong untuk badan usaha, maupun vaksin gotong royong individu.

Erick menjelaskan, dana yang digunakan vaksin gotong royong berasal dari keuangan korporasi dari holding farmasi perusahaan pelat merah.

Baca juga: AKBP Budi Hermanto Sediakan Kuota 150 Vaksin untuk Ormas Mitra Polresta Malang Kota

“Pengadaan vaksin yang digunakan di vaksinasi gotong royong serta pelaksanaannya menggunakan keuangan korporasi maupun pinjaman korporasi, yang dilakukan oleh holding farmasi BUMN,” jelas Erick dalam keterangannya, Senin (12/7/2021).

“Sama sekali tidak menggunakan dana dari APBN,” tegasnya.

Sebagai informasi, vaksinasi gotong royong individu adalah perluasan dari program vaksinasi gotong royong yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 19 tahun 2021 yang disahkan per 5 Juli 2021.

Baca juga: Menaker Ida Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong bagi Pekerja di Karawang

Peraturan tersebut merupakan perubahan kedua dari Peraturan Menteri Kesehatan No. 10 tahun 2021, untuk memberikan opsi pilihan atau opsi yang lebih luas ke masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi.

Menteri Erick melanjutkan, vaksinasi gotong royong (baik badan usaha maupun individu) juga telah sesuai kebijakan vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Sehingga vaksinasi gotong royong dipastikan bukanlah vaksin hibah dan juga vaksin program pemerintah.

Baca juga: Bayar Iuran Rutin, Bawa Manfaat Proteksi Diri Dan Gotong Royong Antar Peserta JKN

“Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan yang berlaku, semua vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi gotong royong tidak menggunakan vaksin yang berasal dari vaksin yang sudah dialokasikan untuk program vaksinasi pemerintah,” ujar Erick Thohir.

“Juga, tidak menggunakan vaksin yang berasal dari sumbangan ataupun hibah dari kerjasama bilateral dan multilateral, seperti hibah dari UAE dan yang melalui GAVI COVAX,” pungkasnya.





Source link

The post Erick Thohir Tegas, Vaksinasi Gotong Royong Tidak Gunakan Uang APBN appeared first on ADIBA.ID.


Tags :

bm

Google Adwords

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Google Adwords
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • Dokterseo99@gmail.com
  • +6281221976216